Senin, 12 Oktober 2020

Kuliner Korea yang Wajib Dicicipi Yeorobun

1. Kimchi Makanan Tradisional Dari Korea Selatan


Bagi penggemar Korea pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama makanan korea yang satu ini. Meski belum pernah mencicipinya secara langsung, setidaknya Anda pasti sudah pernah melihatnya di berbagai acara yang membahas tentang Korea. Salah satu makanan korea ini merupakan sayuran yang difermentasi dengan bumbu khas sehingga menghasilkan rasa yang pedas dan asam. 

Bagi masyarakat Korea, rasanya kurang sempurna jika saat makan tidak ada kimchi. Karena merupakan makanan yang difermentasikan, maka dari itu tentu makanan ini sangat tahan lama.Bagi masyarakat korea rasanya tidak cocok jika saat makan tidak ada kimchi. Makanan korea ini benar-benar menjadi pelengkap dan hampir selalu disajikan dengan berbagai makanan di restoran-restoran yang ada di Korea.


2. Gimbap, Nasi Gulung Khas Korea Selatan




Nasi yang digulung dengan gim atau rumput laut kering yang di dalamnya berisi sayuran seperti wortel, bayam, timun, kemudian telur dan daging itu disebut dengan kimbab. Belakangan ini makanan korea ini juga sangat populer di Indonesia dan Anda pun bisa membuatnya sendiri di rumah, karena sekarang sama sekali tidak sulit untuk mendapatkan gim atau rumput laut kering dan penggulung kimbab di Indonesia, sedangkan bahan-bahan di dalamnya semua bisa Anda temukan dengan mudah di pasar atau supermarket.


3. Tteokbokki, Jajanan Ala Korea Selatan




Makanan korea ini sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya pun sesuai dengan lidah masyarakat Indonesia. Di Korea makanan ini merupakan makanan yang dijual di berbagai warung-warung sederhana sampai ke restoran pun ada juga yang menjualnya. Karena makanan ini memang begitu dicintai oleh masyarakat Korea.

Makanan ini berupa kue beras atau tteok yang kemudian dicampur dengan saus khas Korea dan terkadang ada yang mencampurnya dalam ramyeon atau pun dicampur dengan sosis dan daging. Makanan ini rasanya pedas dan manis. Bisa dikatakan tteokbokki ini adalah sejenis makanan ringan yang berasal dari Korea.


4. Odeng, Bakso Ikan Khas Korea Selatan




Jajanan korea yang tak kalah populernya adalah oden yang terbuat dari ikan. Konsep pembuatannya mirip dengan pempek karena merupakan ikan yang diolah dengan tepung dan kemudian digoreng. Namun biasanya oden disajikan dalam bentuk yang tipis dan kemudian ditusuk dengan tusuk sate serta bisa dimakan dengan sup hangat.

Atau ada juga orang yang mencampurkan oden ini adalam ramyeon atau tteokbokki. Karena paduan oden dengan makanan-makanan tersebut memang sangat cocok. Anda bisa menikmati oden ini dengan mudah karena banyak sekali disajikan dalam pojangmaca atau truk-truk makanan pinggir jalan di Korea. Terutama di malam hari ada banyak sekali masyarakat yang akan menikmati Oden ini.


5. Bulgogi, Olahan Daging Khas Korea




Makanan korea yang satu ini pun tak kalah populernya dari berbagai makanan yang sudah disebutkan sebelumnya. Makanan ini merupakan daging sapi yang dipotong-potong dengan tipis dan kemudian dipanggang setelah dibumbuni dengan berbagai bumbu yang sangat khas sehingga menjadikan daging yang dipanggang itu menjadi sangat lezat. Ketika sudah matang nantinya bulgogi akan disajikan dengan taburan biji wijen di atasnya. Di Indonesia pun kini bahkan ada banyak mie instan dengan rasa bulgogi.


6. Samgyetang, Ayam Rebus Ala Korea Selatan



Untuk Anda yang suka dengan makanan yang sehat maka cobalah makanan korea ini, samgyetang merupakan sup ayam utuh dengan berbagai macam rempah yang sangat alami dan menyehatkan. 

Samgyetang juga termasuk sup khas Korea. Bahan utama yang disajikan dalam samgyetang adalah ayam muda utuh yang direbus dalam panci kecil di atas api kecil selama 2 – 3 jam hingga dagingnya empuk untuk hidangan satu orang alias satu porsi saja. Hidangan ini biasanya dimakan bersama anggur ginseng.


7. Sannakji atau Gurita Hidup Makanan Ekstrim Khas Korea Selatan



Sannakji merupakan salah satu hidangan yang cukup terkenal dari Korea. Sajian ini biasanya menyajikan gurita berukuran sedang atau ada juga yang lebih kecil. Salah satu yang menarik dari sannakji adalah karena makanan ini harus dimakan dalam keadaan masih hidup.

8. Jjangmyeon, Mie Khas Korea Untuk Para "Jomblo"





Menariknya, jajangmyeon juga terkait dengan perayaan bagi para "jomblo". Ada tiga hari raya khas Korea Selatan yang didedikasikan untuk pertemanan dan percintaan yaitu Hari Valentine, White Day (Hari Putih), dan Black Day (Hari Hitam). 

Black Day dirayakan setiap 14 April yang "merayakan" kesendirian dan kesedihan.  Berbeda dengan Hari Valentine dan White Day, Black Day semacam hari raya bagi para lajang. Biasanya pada hari ini, para lajang merayakannya dengan berbusana serba hitam. Selain itu, mereka juga akan menyantap jajangmyeon. 

Bisa dibilang, jajangmyeon ibarat jajanan bakso bagi orang Indonesia. Tipikal makanan yang memberikan kenyamanan (comfort food). Tak hanya itu, jajangmyeon berwarna kehitaman, sesuai dengan tema Black Day.

Jajangmyeon berupa mi tebal dengan saus kacang kedelai hitam yang pekat dan berwarna kehitaman. Sebagai isian mi adalah daging dan bawang bombay. Lalu tambahan asinan daikon sebagai pendamping.


9. Jjampong, Mie Seafood Pedas Khas Korea




Semua orang tahu kalau Korea merupakan negara empat musim yang rata-rata di setiap musimnya pasti dingin. Mungkin berangkat dari kondisi iklim yang ada, masyarakat Korea lebih banyak menyajikan masakan berkuah dengan cita rasa yang pedas. Salah satu makanan khas Korea yang memiliki kriteria semacam itu adalah jjampong.

Jenis makanan korea berupa mie lainnya dari Korea adalah jjamppong. Jjamppong ini disajikan dengan banyak sekali jenis makanan laut seperti kerang, udang, cumi, gurita dan lainnya. Selain itu ada juga daging dan sayuran di dalamnya.
Soal rasanya, jjampong sudah cukup untuk menantang kemampuan lidah dengan tingkat kepedasan yang dimilikinya.

Untuk diketahui, meskipun jjampong adalah makanan yang terkenal di Korea, namun makanan ini sebenarnya adalah pengaruh dari Jepang dan Tiongkok. Orang Korea biasa menyantap jjampong untuk menghangatkan perut.


10. Japchae, Sohun Goreng Ala Korea



Untuk berikutnya, ada japchae. Japchae adalah makanan khas Korea berupa sohun atau dang myeon yang diolah bersama aneka macam sayuran dan daging sapi.

Panganan ini termasuk lauk pendamping dalam tradisi kuliner Korea atau orang Korea menyebutnya dengan banchan atau panchan.Karena japchae termasuk makanan tradisional dan mengandung nilai tradisi, maka keberadaan lebih sering dijumpai pada saat pesta dan perayaan khusus.

Japchae juga termasuk makanan dengan bahan yang dinamis. Untuk sayurnya, biasanya yang dipiliha dalah sayur yang sedang musim.
Tapi pada umumnya, sayur yang dihidangkan bersama daging sapi terdiri dari wortel, jamur shiitake, paprika, bawang bombay, dan spinacia.

Sayuran tersebut dipotong kecil-kecil memanjang dan ditumis secara terpisahkan dengan bumbu berupa bawang putih, kecap asin, dan gula pasir. Japchae yang sudah matang bisa dimakan dengan nasi sebagai lauk utama.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar